Rabu, 19 Juni 2013

Masih Berguna

Franklin Delano Roosevelt mengatakan, "Stamp collecting makes for better citizens. I owe my life hobbies, especially stamp collecting."
***
Megawati Soekarnoputri, seribu rupiah. K.H. Abdurrahman Wahid, seribu rupiah. Abraham Lincoln, 4 sen dolar Amerika. George Washington, 1 sen dolar Amerika. Nafas saya tertahan ketika membuka lembaran kesekian album prangko itu. Di baris paling bawah, terpampang sebuah prangko yang dicetak hitam bergambar Ratu Elizabeth dari tampak samping dengan rambut pendeknya dan mahkota di kepalanya. Perforasinya warna putih seperti perforasi-perforasi pada prangko lainnya, di sisi bawah sebelah kiri terdapat tulisan '3D' yang artinya bukan tiga dimensi. Itu adalah nominal harga prangko tersebut.
The Penny Black, saya berbisik kepada diri sendiri. Seperti di film-film thrilleractionmystery ketika tokoh utama menemukan sebuah petunjuk akan suatu misteri. Lalu saya membalikkan halaman, melihat prangko lainnya. Tiba-tiba saya merasa ragu, apakah prangko ratu Elizabeth tadi The Penny Black atau bukan. Saya kembali memerhatikannya. Dan mendadak lupa wujud The Penny Black seperti apa.

Prangko yang saya cari ini, The Penny Black, adalah prangko resmi pertama di dunia. Pembuatnya ialah Sir Rowland Hill, dari Britania Raya. Prangko ini dibuat tahun 1840, dan memuat kepala ratu Victoria (ternyata bukan ratu Elizabeth), kata 'POSTAGE' di atas gambar sang ratu, dan tulisan 'one penny' di bawahnya. Prangko ini dicetak warna hitam. Classy

Karena prangko resmi pertama di dunia adalah keluaran Britania Raya, maka dari itu negara ini adalah negara satu-satunya yang tidak perlu mencantumkan nama negara di prangko-prangkonya.
Koleksi benda pos tersebut di Gedung Filateli tak hanya keluaran Indonesia. Ada yang dari Amerika, Eropa, dan negara lain di dunia. Ragamnya pun banyak. Ada wajah-wajah tokoh negara seperti presiden, ada flora dan fauna, makanan daerah, dan juga gambaran peristiwa.
Album-album yang digunakan adalah album khusus prangko. Berbeda dengan album foto yang plastiknya besar, plastik untuk menahan prangko ini kecil dan memanjang.
Namun, sayang sekali penempatan prangkonya berantakan karena mereka hanya meletakkan begitu saja. Yang berseri pun tidak dijadikan dalam satu plastik, tetapi hanya diletakkan berjejeran dalam satu halaman. Saat saya membuka tiap lembaran album itu, ada saja prangko yang tidak ada di tempatnya, tersembunyi di balik prangko yang lain. Keselamatannya pun tidak terjamin. Jika ada orang iseng bisa saja langsung mengambilnya tanpa ada yang tahu.
"Ini kita main ambil aja bisa kali," ucap saya kepada Denny, adik saya.
"Iya kak," Denny menyetujui pernyataan saya.
Gedung Filateli yang terletak di Jalan Pos No. 2 Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Baru, Jakarta Pusat ini terlihat megah dari luar. Perancang gedung ini adalah seorang arsitek Belanda bernama John van Hoytema. Pertama kali melihatnya saja sudah ada kesan ke-Belanda-Belanda-annya. Gedung ini dulu adalah Kantor Pos Pasar Baru Jakarta, yang juga merupakan bangunan warisan Post Telefon en Telegraf milik pemerintah kolonial Hindia Belanda dan didirikan antara tahun 1912 sampai 1929.
Gedung Pos ini ada kaitannya dengan sejarah pada masa itu, yaitu daerah Weltervreden yang menjadi pusat kota Batavia pada masa kekuasaan Gubernur Jenderal Deandels. Nama jalan di depan gedung pos ini adalah Post Weg, yang artinya Jalan Pos. Jalan tersebut dijadikan sebagai jalur transportasi dari Kota Tua ke Weltervreden. Seiring perkembangan zaman, gedung ini akhirnya digunakan sebagai kantor pengiriman barang. Sekarang bangunan warisan arsitektur kolonial ini digunakan untuk Kantor Pelayanan Filatel sejak tahun 1997, sehingga dikenal sebagai Gedung Filateli Jakarta.
Wikipedia juga mengatakan bahwa Gedung Filateli ini masuk dalam daftar cagar budaya yang harus dikonservasi seperti yang tertulis dalam Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475/1993 dan supaya dimungkinkan tidak terjadi perubahan, baik eksterior maupun interior arsitektur bangunan.
Ruangan tempat penyimpanan prangko itu hanya berupa ruangan seluas sebuah aula dengan meja dan lemari-lemari di pinggirannya. Di tengah-tengah ruangan kosong, tidak ada apa-apa. Ibarat ruang guru dengan jumlah meja yang lebih sedikit, lebih banyak ruang gerak, dan tidak ada guru. Padahal yang ada dalam benak saya prangko-prangko ini dipajang dalam sebuah etalase kaca dan ada ruangannya masing-masing sesuai dengan jenisnya, waktu cetaknya, peristiwanya, dan kategori lainnya.
Setelah puas melihat prangko-prangko itu, saya melihat-lihat sekeliling. Ada seorang bapak yang sedang sibuk dengan tumpukan amplop dan prangko di mejanya. Di hadapannya ada seorang gadis berwajah Cina berbusana serba hitam. Ia sedang melihat-lihat prangko. Dan di belakang saya ada seorang bapak yang lain.
"Wah, saya nggak paham sama sejarahnya. Tapi ini saya kasih buku filateli," ucap pak Asori Abdul saat saya tanyakan tentang The Penny Black. Ia mengeluarkan sebuah buku ber-cover warna-warni dari laci di belakangnya dan memberikannya kepada saya.
***
Berbeda dengan museum prangko di Taman Mini Indonesia Indah, prangko-prangkonya tersimpan dengan baik dalam album prangko yang terasa seperti masih baru. Masing-masing prangko dikumpulkan per set, dimasukkan dalam plastik.
Ramai suasana di teras museum yang bentuknya seperti pendopo. Sebuah sekolah dasar mengadakan acara di sana. Ada pula seorang satpam dan ticketing yang menawarkan kami prangko bergambar makanan daerah. Tapi kami lebih memilih untuk membayar lima ribu rupiah untuk tiket masuk.
Melihat prangko di Museum Prangko lebih nyaman karena peletakan prangkonya tidak sembarangan. Dimulai dari awal mulanya prangko, dimana di sana ada gambar The Penny Black yang diperbesar. Kali ini gambar itu benar-benar gambar prangko The Penny BlackMasih ada harapan bagi saya untuk melihat pragkonya.
Lalu, di etalase pertunjukan berikutnya adalah proses pencetakan prangko, khususnya di Indonesia yang dimulai sejak tahun 1945. Di sebelah kiri ada manekin seorang pria sedang duduk dan membuat prangko. Di tengah adalah foto-foto zaman dahulu tentang pembuatan prangko. Dan di kiri terdapat berbagai macam prangko yang dibuat di era tersebut.
Etalase pertunjukan ketiga adalah pertunjukan prangko berdasarkan periode penerbitan. Masa pemerintahan Hindia Belanda, masa pendudukan Jepang, Masa perang kemerdekaan, dan masa setelah perang kemerdekaan adalah prangko yang telah digunakan di Indonesia.
Etalase keempat prangko berdasarkan periode penerbitan, dari tahun 1950 hingga saat ini. Ada seri Konferensi Asia Afrika, seri Dekrit Presiden, dan lain-lain.
Etalase kelima adalah koleksi prangko tematik pertama, dimana prangko bertemakan budaya, priwisata, flora dan fauna, lingkungan hidup dan kemanusiaan. Koleksi prangko ini dilanjutkan dengan yang kedua di etalase keenam, dimana ada diorama kegiatan Pramuka di alam. Adapun koleksi prangko tentang olahraga dan kepramukaan. 
Dan etalase terakhir menunjukkan diorama tentang kegiatan filateli. Di sebelah kanan terdapat manekin anak-anak kecil sedang melihat-lihat koleksi prangko dalam etalase. Di sebelah kanannya menggambarkan keluarga yang mengoleksi prangko.
Saya dan Tami, teman saya yang dengan senang hati menemani saya mengunjungi tempat itu, memulai dari sejarahnya prangko. Ah ya, kata "prangko" itu tidak salah. Awalnya memang "perangko" tapi sejak tahun 1985 diseragamkan jadi "prangko" oleh Richard Yani Susilo.
Di tengah ruangan Museum Prangko ada sebuah bangunan berbentuk segi delapan. Meja resepsionis yang menjadi bagian dari bangunan segi delapan itu kosong. Dan ternyata ada perpustakaan kecil di dalamnya. Manekin tukang pos berseragam oranye berhasil mengejutkan kami dan membuat kami semakin ragu untuk masuk ke dalamnya. Namun, karena rasa penasaran yang tinggi, akhirnya kami beranikan diri untuk masuk. Di sebelah tukang pos itu terdapat gambar presiden Obama yang sedang tersenyum lebar, dibingkai warna coklat keemasan. Gambar tersebut disusun dari prangko-prangko kecil. Wah, upload ke Instagram bagus nih, pikir saya waktu itu. Dan benar saja. Sepulang dari museum ini, saya segera meng-upload-nya ke Instagram dan menuai banyak like. Di ruangan kecil itu ada juga lemari buku yang besar, diisi dengan buku-buku sejarah.
Total prangko yang ada di museum prangko ini 38 ribu keping, dan asli semua. Prangko pertama yang disimpan adalah prangko keluaran 1 April 1864 bergambar Hindia Belanda. Sedangkan prangko terbaru yang disimpan adalah keluaran tahun 2010.
"Pegawai pos wajib koleksi (prangko)," kata pak Tugino. "Sebelum masyarakat suka, pegawai harus suka." Kami mengobrol sembari melihat-lihat hamparan koleksi prangko yang dijual di etalase. Mereka juga menyediakan prangko untuk dijual.
Dibandingkan dengan yang ada di Gedung Filateli, prangko-prangko di museum ini terlihat lebih terurus. Ruangannya pun terasa lebih nyaman walaupun sepi sekali dan gelap.
"Ini kalau dijual bisa sampai 6 juta (rupiah)," pria yang kira-kira berusia 50 tahun itu menunjuk pada satu halaman album prangko. Satu set prangko peristiwa perayaan satu tahun Indonesia merdeka. Hebat sekali kertas tipis berukuran kecil seperti ini bisa mencapai jutaan rupiah harganya.
Museum ini sering kedapatan tamu filatelis yang ingin tahu koleksi prangkonya apa saja. Bahkan kolektor prangko pun berkunjung kemari. Pak Tugino pun menyebutkan bahwa ada perkumpulan filatelis sendiri. Untuk bergabung, tentu saja kita harus ada minat dalam bidang filateli. Biasanya dalam perkumpulan ini para anggota bisa saling jual dan beli prangko.
Prangko pun bisa dijadikan infestasi. "Jadi, kalau mbak beli prangko di sini, bisa dijual lagi dengan harga yang beda. Lebih mahal bisa," pak Tugino menjelaskan. Lumayan juga kegiatan filateli ini, pikir saya.
Dalam brosur warna coklat yang diberikan oleh orang ticketing tadi, ternyata ada juga manfaat kegiatan filateli. Pertama, menanamkan sikap positif berupa ketekunan, kecermatan, ketelitian, kreatifitas, dan disiplin. Kedua, kegiatan tukar menukan prangko membangun sikap kejujuran, saling pengertian, dan tanggung jawab yang baik. Ketiga, menjalin persaudaraan, persahabatan sekaligus untuk meningkatkan kemampuan berbahasa asing. Keempat, meningkatkan kemampuan dan pengetahuan karena dapat mempelajari berbagai aspek dari prangko yang diketahuinya. Kelima memberikan ketenangan jiwa di tengah kesibukan.
Kami pun mengakhiri kunjungan dengan membeli prangko. Saya membeli satu set prangko 'Kembali ke UUD 1945' berbeda warna seharga 120 ribu rupiah. Tami membeli satu set prangko Soekarno seharga 15 ribu rupiah dan edisi spesial Raden Saleh seharga 35 ribu rupiah.
Di zaman yang semakin berkembang, fungsi benda pos ini berkurang. Awalnya untuk mengirim pesan, sekarang sudah ada berbagai macam gadget canggih yang mempermudah kegiatan berpesan tersebut. Tapi prangko tidak langsung hilang, melainkan dialihfungsikan. Masih banyak orang yang mengoleksinya, saling menjual dan saling membeli. Bahkan ada panggilan sendiri bagi mereka yang melakukan kegiatan ini, yaitu filatelis. Dan mereka punya komunitas untuk melestarikan prangko.












Karya Monika Dhita Adiati
NIM: 11140110019

Tidak ada komentar:

Posting Komentar